Gojek merupakan sebuah startup ojek online yang sangat bomming setahun belakangan. Startup ini menyediakan sebuah aplikasi yang sanagat memfasiltasi pengguna untuk melakukan rutilitas dan memenuhi kebutuhan sehari-hari, seperti memesan ojek, memesan transportasi mobil, mengirim barang, memesan makanan, memesan kebutuhan sehari-hari, memesan busway, memesan tiket, memesan salon, dan lain sebagainya. Tentu startup ini bertujuan memberi kenyamanan bagi penggunanya. Berikut saya akan ulas sedikit antarmuka yang di berikan gojek.
Dari antarmuka yang di sediakan Gojek dari awal berdirinya Gojek sampai sekarang telah mengalami perubahan. Tampilan yang di sediakan lebih menarik dan lebih banyak. Namun ada beberapa fitur lagi yang mesti di perhatikan dan harus ditambahakan agar mempermuhan penggunaa baik driver maupun konsumen, Seperti:
1. Pilihan bahasa yang notabene di sediakan oleh gojek menggunakan bahasa Inggris.
Sebenarnya hal ini bagus untuk memberi pengajaran lebih pada masyarakat agar tidak canggung lagi dengan baasa Inggris. Namun untuk sisi driver ini kadang tidak mengguntungkan, karena sebagian dari masyarakat menganggap Bahasa Inggris bukan suatu yang gampang. Jika kita liat tujuan didirikan gojek sendiri untuk meningkatkan kesejahteraan pekerja di sektor informal, tentu hal ini mesti di perhitungkan. Karena notabene dari pekerja informal tak banyak yang memiliki pendidikan tinggi. Jika di lihat dari sisi konsumen, jika startup ini tujuannya untuk semua kalangan usia juga harus memperhatikan bahasa yang di gunaakan di aplikasi. Saran saya di aplikasi gojek ini sebaiknya di berikan pilihan bahasa baik dari untuk driver maupun konsumennya.
2. Adanya fungsi edit pada antarmuka pemesanan dan edit sebelum pilihan komentar .
Pada antarmuka pemesanan sangat di butuhkan fungsi edit setelah pemesanan, kenapa? karena terkadang kita pernah salah alamat atau salah pesan, maupun adanya perubahan pemesanan karena pemesanan yang di cari tidak ada. Nah fungsi edit disini yang saya harapkan adalah adanya edit ketika pengguna salah memencet alamat dan salah pesan. Dari pengalaman saya sendiri disini Gojek belum memfasilitasi hal itu baik pada Go-Ride, maupun Go-Food yang dimana jika tidak sesuai maka pengguna hanya di beri pilihan membatalkan dan memberi alasan pembatalan, dan konsumen di minta menggulang proses pemesanan dari awal. Hal ini sangat merepotkan bagi pengguna yang sulit mendapatkan driver dan konsumen yang buru-buru. Untuk hal itu sebaiknya gojek menambahkan fitur edit setelah pembatalan sebagai pilihan konsumen sebelum komentar dan edit ketika pemesanaan sedang berlangsung, seperti salah satu aplikasi transportsi lainnya.
3. Adanya jalan alternatif terdekat di map gojek.
Pada aplikasi Gojek belum memfasilitasi adanya jalan tercepat yang dapat di tempuh driver, misalnya jalan gang-gang kecil yang dapat mempermudah pengguna untuk menentukan arah. Ini sangat bermanfaat untuk driver Ride. Saran saya hal ini mesti ada pada sisi driver agar dapat mempermudah driver.
4. Adanya penanda jalan macet di map gojek.
Pada aplikasi Gojek setidaknya butuh map yang bisa memberi tanda atau peringakatan kepada driver jika terjadi kemacetan di jalan yang dilalui, apalagi map ini sangat di butuhkan untuk Go-Car agar konsumen dapat sampai ketempat tujuan dengan etimasi waktu yang di perkirakan.
5. Adanya penanda pangkalan ojek Tradisional di map .
Hal ini sangat dibutuhkan karena dari beberapa khasus driver Gojek dianiaya karena tidak tahu bahwa dijalan yang di lalui ada pangkalan ojek tradisional yang masih belum mengizinkan adanya ojek online.
sekian dulu ulasan singkatnya ya..semoga bermanfaat..:)
wah menarik banget. infonya lengkap
BalasHapusmenambah ilmu. good (y)
kereeen review permasalahan untuk aplikasi gojeknya, semoga aja gojek bisa menambahkan fitur tersebut ya mbak. mantap
BalasHapuswih bener juga ya, bisa banget tuh untuk jadi koreksi gojek kedepannya biar makin oke
BalasHapusreview nya(y)
Lengkap sekali reviewnya, semoga dibaca oleh GO-JEK nya ya sista..
BalasHapusya saya setuju dengan penggunaan bahasa inggris pada apps, yang mungkin membingungkan untuk beberapa kalangan.
BalasHapuswahh bener banget itu masukkannya untuk ada fungsi editnya jadi saat kita salah memasukkan alamat tujuan tidak harus membatalkan orderan, cukup mengeditnya saja.
BalasHapus